Ini Dia 4 Cara Menghemat Uang Bulanan

In short : Mengelola uang adalah salah satu skill penting yang perlu kamu kuasai. Mampu mengelola uang dapat menyelamatkan hidupmu sendiri. Kamu akan terbebas dari hutang dan hidupmu jadi lebih tenang. Nah, kalo kamu nggak bisa kelola uang hidupmu akan dihantui oleh tagihan-tagihan yang kamu buat sendiri. 

Ini dia 8 cara yang dapat kamu lakukan supaya kamu dapat menghemat uang bulanan :

1. Buat skala prioritas keuangan

Menghemat Uang Bulanan

Kamu harus mampu mengetahui mana kebutuhan dan mana keinginan. Keinginan adalah sebuah kebutuhan yang tidak harus dipenuhi saat itu juga dan kamu masih bisa hidup sedangkan kebutuhan adalah sesuatu yang harus kamu penuhi saat ini juga tanpa bisa menunda terlalu lama.

Misalnya, kalau sepatumu sudah rusak maka kamu memang perlu beli sepatu. Inilah yang disebut dengan kebutuhan. Tapi kalau kamu berpikir harus beli sepatu dengan harga yang mahal misalnya Rp 300.000 maka inilah yang disebut sebagai keinginan.

Kalau kamu pergi ke Mall, akan ada banyak promosi yang akan menggodamu untuk membeli barang tertentu meskipun sebenarnya kamu tidak membutuhkannya. Kalau kamu ketemu dengan kasus seperti ini, kamu harus segera berpikir apakah barang yang dipromosikan itu benar-benar kamu butuhkan atau hanya keinginanmu saja.

Membeli barang yang seharusnya tidak kamu beli akhirnya hanya membuat kamu menyesal. Mengapa ? Karena barang itu tidak akan kamu gunakan untuk jangka waku lama dan uangmu akan terbuang sia-sia hanya karena membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Oleh karena itu kamu perlu membuat skala prioritas keuangan. Kamu perlu membuat list apa-apa saja yang kamu butuhkan dan apa saja yang kamu inginkan. Setelah itu kamu bisa cek secara berkala bagaimana status skala prioritasmu. Kalau kebutuhanmu sudah terpenuhi, barulah kamu bisa membeli barang-barang yang jadi keinginanmu.

2. Belajar hemat, tapi jangan pelit

Menghemat Uang Bulanan

Kamu harus tahu perbedaan antara pelit dan hemat. Hemat berarti kamu hanya mengeluarkan uang untuk kebutuhanmu. Kalau pelit berarti kamu tidak mau mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhanmu.

Jangan mengikuti trend ya. Karena itu akan sia-sia. Tapi ingatlah pepatah yang mengatakan “Hemat pangkal kaya”. Dan buktikan bahwa itu benar-benar terjadi dalam kehidupanmu.

Milikilah keberanian untuk berkata kepada dirimu sendiri untuk menolak membeli atau menghabiskan uang terhadap hal-hal yang nggak penting.

3. Perhatikan Pengeluaran dan Pendapatanmu

Menghemat Uang Bulanan

Kamu harus menghitung berapa pendapatan dan pengeluaranmu. Miliki kontrol diri yang baik saat kamu terima gaji. Jangan dibelanjakan untuk hal-hal yang tidak ada artinya.

Ingat, rumusnya adalah pengeluaran < pendapatan.

Kalau sampai terjadi sebaliknya, berarti kamu perlu mengevaluasi ulang apa yang telah kamu lakukan terhadap uangmu dan segera perbaiki kesalahanmu.

Salah satu penyebab uangmu habis adalah tongkrongan.

Tidak ada yang salah dengan nongkrong, nongkrong malah dapat mempererat hubunganmu dengan teman-temanmu. Tapi kalau kamu nongkrong, kamu akan cenderung mengeluarkan uang untuk hal yang nggak perlu.

Kalau teman-temanmu beli banyak makanan, jangan ikut-ikutan beli juga. Belilah makanan secukupnya, jangan kurang supaya kamu nggak  lapar tapi juga jangan berlebihan karena itu nggak baik buat uangmu dan kesehatanmu.

4. Niatan

 Menghemat uang bulanan

Sebenarnya masih banyak tips bagaimana cara menghemat uang, tapi saya rasa cukup memberikan empat cara saja bagaimana cara supaya uangmu nggak habis sia-sia.

Nah, cara yang terakhir ini adalah cara paling efektif untuk menghemat uang. Kamu bisa saja mencari banyak cara untuk menghemat uang, tapi kalau tips yang satu ini kamu lupakan uangmu tetap akan habis sia-sia.

Apa caranya ? Niatan. Ya, adanya niatan.

Niatan untuk apa ? Niatan untuk menghemat uang. Adanya niatan dalam hatimu akan membuat kamu lebih mudah mengelola uang. Sebesar apapun godaan menghabiskan uang tapi kalau kamu ada niat untuk hidup hemat maka godaan itu akan kamu abaikan.

“Ngomong doang gampang, lah nerapinnya itu susah”

Memunculkan niatan untuk menghemat uang memang nggak gampang. Nggak semudah membalikkan telapak tangan, tapi kalau kamu berusaha saya yakin kamu bisa melakukannya.

Lakukan keempat hal diatas dan buktikan bahwa kamu benar-benar bisa menghemat uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *