Jangan Menyerah, Kamu Pasti Bisa Kok !

Jangan Menyerah, Kamu Pasti Bisa Kok !

Hidup memang tidak mudah, tapi ku yakin bahwa kamu bisa melakukannya

Hidup ini penuh dengan tantangan. Bukan hidup namanya kalau tidak ada tantangan. Setiap tantangan itu menuntut sebuah penyelesaian. Setiap kali kamu selesai dengan suatu tantangan bisa dibilang kamu sudah memenangkan sebuah pertandingan.

Masalahnya tidak semua tantangan itu mudah. Ada banyak tantangan yang membutuhkan perjuangan yang hebat. Kamu harus berjuang ekstra keras untuk menyelesaikan tantangan itu.

Tetapi mungkin dalam proses bertarung dengan tantangan itu kamu pernah menyerah dan berkata ke dirimu sendiri “Ah, apa aku bisa sih ?”

Nah, ternyata apapun tantangannmu kamu bisa kok menyelesaikannya. Kamu hanya perlu berjuang sedikit lagi maka kamu akan berhasil.

Kamu hanya membutuhkan sedikit semangat supaya kamu tidak menyerah dan tetap melangkah maju. Caranya ?

1. Meskipun kamu menganggap bahwa kamu tidak bisa, tetapi kamu perlu untuk tetap berpikir positif

Kamu tahu, bahwa berpikir negatif itu tidak akan menyelesaikan masalah. Jadi daripada berpikir aku tidak bisa, lebih baik kamu mengubah pola pikirmu bahwa “aku bisa”. Jangan buat alasan – alasan lain, kamu hanya perlu berkata ke dirimu sendiri bahwa “aku bisa (titik)”

Hal ini bisa dicoba ketika kamu sedang menghadapi sesuatu yang sulit. Cobalah untuk mengatakan “aku bisa” dan lihat hasilnya seperti apa.

2. Setelah itu, cobalah

Setelah kamu melakukan poin nomor 1, cobalah untuk mencoba. Jangan lagi memikirkan apakah kamu bisa tetapi segeralah lakukan hal apa yang ingin kamu coba. Meskipun itu terkesan sulit, namun dengan mencoba kamu akan tau kemampuanmu sendiri.

3. Perhatikan di titik mana kamu merasa tidak mampu

Ya, kita semua memang terbatas. Ada satu titik dimana memang kita tidak bisa melakukannya karena ketidak-mampuan kita. Tapi saat itu tiba, bukan berarti itu adalah saat dimana kamu menyerah.

Perhatikan pada bagian mana kamu merasa tidak mampu. Setelah kamu tau letak kelemahanmu, maka kamu bisa memperbaikinya dengan cara belajar sesuatu yang baru sehingga kamu bisa menyelesaikan hal yang ingin kamu selesaikan.

4. Minta Bantuan

Ini adalah hal mudah untuk dilakukan tetapi untuk beberapa orang ini adalah hal yang susah. Ada beberapa tipe orang yang enggan meminta bantuan saat mengalami kesulitan. Ini memang bentuk dari kemandirian, tetapi tidak selamanya pula kamu harus belajar dan berjuang sendiri.

Karena kita terbatas maka yang perlu kita lakukan adalah mencoba mencari bantuan ketika memang kita membutuhkannya.

5. Jangan Memaksa, Berhentilah Sejenak

Terkadang kita menginginkan belajar dan cepat bisa. Karena itu kita menghabiskan waktu hanya untuk mencoba terus menerus tanpa henti. Ya, mencoba terus menerus memang sesuatu yang baik. Tetapi ketika kamu terus menerus melakukannya tanpa henti dan kemudian tidak langsung membuahkan hasil seperti yang kamu inginkan maka lama kelamaan kamu akan capek.

Kalau kamu capek, kamu akan jengkel kenapa sudah mencoba berkali – kali namun tetap saja tidak berhasil. Kalau ini dibiarkan, lama – lama kamu juga akan menyerah.

Ini bisa dihindari kalau kamu meluangkan waktu untuk beristirahat. Istirahat selama beberapa waktu akan membuat tenagamu kembali lagi sehingga nantinya kamu akan lebih siap untuk belajar atau menyelesaikan tugasmu lagi.

Semangat ya kamu

Buat kamu yang saat – saat ini sedang menghadapi situasi sulit, entah kamu harus mencari pekerjaan, menyelesaikan perkejaan kantor, skripsi, sekolah atau tugas – tugas lain jangan menyerah yaa. Ingatlah, kamu pasti bisa kok 🙂

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *