10 hal ini bisa membuatmu lebih bahagia

10 hal ini bisa membuatmu lebih bahagia

Lebih bahagia¬†–¬†Kebahagiaan adalah sesuatu yang paling diharapkan oleh manusia. Tidak ada dari kita yang tidak ingin bahagia. Webster mendefinisikan kebahagiaan sebagai keadaan sejahtera yang ditandai oleh emosi sukacita secara terus-menerus atau intens. Kebahagiaan juga disebut sebagai pengalaman yang memuaskan atau menyenangkan.

Lalu, apa yang bisa membuat kita jadi lebih bahagia ?

1. Kalau lagi sedih, jangan mencoba untuk bahagia

Kita memang tidak selamanya akan selalu bahagia. Ada momen tertentu yang membuat kita sedih. Tapi, biarkanlah itu terjadi dan berlalu. Mencoba untuk tidak sedih malah membuat kita tambah sedih.

2. Belajarlah memaafkan diri sendiri

Kita perlu belajar untuk memaafkan diri sendiri. Terlalu banyak menyalahkan diri sendiri akan membuat kita jadi sedih. Jika kamu pernah membuat kesalahan, maka perbaiki dan move on !

3. Jangan bersikeras menjadi yang terbaik

Menjadi yang terbaik memang baik. Tetapi jangan berkeras untuk menggapainya. Lakukan apa yang seharusnya kita lakukan dan jangan terburu-buru menjadi yang terbaik. Kalau kamu sedang belajar musik misalnya, maka belajarlah secara perlahan. Jangan memaksakan diri untuk langsung menguasai musik tersebut dan bersikeras mengalahkan teman-teman yang lain. Nikmati proses belajar, maka kamu akan lebih bahagia.

4. Memberi

Memberi tidak harus berbentuk uang atau barang. Tapi ketika kamu bisa menolong teman yang sedang mengalami kesulitan itupun termasuk memberi. Menolong orang lain tidak hanya baik untuk orang yang ditolong, tetapi juga baik untuk kebahagiaan kita

5. Jangan terlalu peduli, bersikaplah seperti seharusnya

Peduli terhadap orang lain boleh-boleh saja tetapi jangan peduli secara berlebihan. Salah satu tanda bahwa kamu terlalu berlebihan mempedulikan orang lain adalah kamu mulai mengabaikan perasaan pribadi hanya untuk memikirkan perasaan orang lain.

6. Coba hal baru

Belajar hal-hal baru akan membuatmu lebih antusias. Rasa antusias ini dapat menciptakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Belajar tidak harus secara formal. Belajar non formal seperti belajar musik, belajar bernyanyi dan lain sebagainya juga dapat membuatmu lebih bahagia. Belajarlah sesuatu yang kamu sukai, bangkitkan antusiasmu dan berbahagialah.

Apa yang sudah kamu coba pelajari akhir-akhir ini ?

7. Tentukan arah

Kalau kamu ingin mencoba sesuatu yang baru, maka buatlah sebuah tujuan. Tanyakan ke diri sendiri apa yang sebenarnya ingin kamu raih. Membuat sebuah tujuan atau goal dapat membuatmu termotivasi dan bersemangat.

8. Kembangakan rasa syukur

Kadang hidup ini tidak sejalan dengan apa yang kita mau. Disaat seperti itu kita perlu tetap bersyukur terhadap apa yang terjadi. Rasa syukur dapat membuat kita menjadi lebih sehat dan mengurangi stress. Untuk mengembangkan rasa syukur kita bisa menanyakan ke diri sendiri dengan pertanyaan seperti berikut

” Apa keunggulan yang patut aku syukuri ? Mengapa aku tidak bersyukur sedangkan Tuhan selalu memberikan kesehatan kepadaku ? Apakah aku sudah bersyukur hari ini ?”

9. Bangun relasi

Membangun hubungan dengan orang lain akan membuatmu jauh lebih bahagia. Hubungan dekat dengan keluarga atau sahabat juga dapat meningkatkan harga diri. Bagi kamu dengan kepribadian tertutup mungkin susah melakukannya. Tapi sebenarnya kamu tidak perlu membangun hubungan dekat dengan semua orang. Memiliki teman dekat satu atau dua orang juga akan membuatmu lebih bahagia.

10. Lakukan

Setelah membaca 9 tips diatas, maka lakukanlah itu. Mungkin akan timbul pertanyaan “apakah tips diatas akan bekerja ?” maka jawabannya adalah “cobalah dan lihat sendiri hasilnya”.

Don’t forget to be happy –
– Jangan lupa bahagia yaa –

Referensi

Psikologi Kebahagiaan – Standford

Lembar pengetahuan – Artofliving

Membuat bahagia – Success