Mengapa Sih Kok Kita Sering Menunda Pekerjaaan ?

In short : Bagi banyak orang, menunda pekerjaan adalah sesuatu yang menyenangkan. Pokoknya kalau kerjaan itu masih lama ya kerjakan nanti ga apa – apa. Eh, taunya lupa.

Sebenarnya menunda pekerjaan itu tidak apa – apa. Lho, kok gitu ? Iya, misalnya hari ini kamu ada tugas kuliah, tapi disaat itu juga kamu harus ikut rapat organisasi. Jadi ya tugasmu itu ditunda dulu nggak masalah.

Menunda pekerjaan jadi masalah ketika sebenarnya kamu bisa mengerjakannya tapi kamu tidak mengerjakannya. Akibatnya mungkin kamu harus begadang untuk menyelesaikan tugas itu atau mengorbankan waktu yang tidak seharusnya kamu korbankan.

Misalnya, kamu ada tugas praktikum yang dikumpulkan minggu depan, tapi selama 5 hari itu kamu menunda pekerjaanmu sehingga mau nggak mau kamu harus mengerjakannya dihari keenam karena hari ketujuhnya kamu harus mengumpulkan tugas itu.

Nah, pas hari keenam tiba, tiba – tiba temenmu ngajak kamu keluar main ke tempat yang kamu suka. Tentu saja kamu akan menolaknya bukan ? Karena kamu harus mengerjakan dulu kerjaannmu itu.

Kalau tugasnya mudah sih nggak masalah ya, tapi kalau tugasnya sulit, kan kamu nggak bisa pergi.

Jadi rugi sendiri kan ?

Nah, berikut ialah alasan – alasan mengapa kamu suka prokrastinasi atau menunda pekerjaan :

1. Tidak peduli terhadap diri sendiri

Menurut penelitan yang dimuat di jurnal Self and Identity orang yang tidak peduli terhadap dirinya sendiri cenderung merasa lebih stress saat melakukan suatu pekerjaan tertentu sehingga ia melakukan penundaan.

Kalau gitu, berarti kamu perlu cek ke diri kamu sendiri apakah kamu sudah peduli sama diri sendiri atau belum. Jangan sampai kamu terlalu memedulikan orang lain terus lupa deh sama diri sendiri.

Solusi : Lebih peduli sama diri kamu sendiri ya

2. Meniru model yang prokrastinasi

Model ini maksudnya siapa saja yang bisa jadi panutan dalam hidupmu misalnya orang tua, teman dekat, guru atau siapa pun yang bisa kamu contoh perilakunya.

Kamu melakukan prokrastinasi karena mungkin kamu meniru model – model yang ada dilingkunganmu, kalau kamu melihat orang tuamu, rekan kerjamu, bawahan atau atasan kamu yang sering menunda pekerjaan kamu pun secara tak sadar bisa menirunya.

Jadi, kalau kamu suka menunda pekerjaan coba kamu cek lagi apakah kamu meniru orang lain atau tidak

Solusi : Jangan meniru sesuatu yang tidak baik yaa, tirulah sesuatu yang baik 

3. Merasa Nggak Mampu

Alasan lain kenapa kamu sering menunda pekerjaan adalah karena kamu merasa bahwa kamu tak bisa mengerjakannya. “Kerjain nanti ah, soalnya aku ga mudeng ngerjain tugasnya gimana”

Hayo, apakah kamu sering berkata seperti itu ?

Solusi : Daripada mengeluh kalau kamu tak sanggup, lebih kamu tetap berusaha. Setidaknya tetap berusaha dan lakukan apa yang bisa kamu lakukan. 

4. Kamu Merasa Bias

“Kalau tugas itu sih gampang – gampang aja ya buat aku, tapi kalau yang ini aku nggak bisa”

Pernah mengalami kejadian seperti itu ? Untuk tugas – tugas lain kamu yakin kalau bisa, tetapi untuk tugas tertentu kamu merasa nggak sanggup.

Solusi : Kalau kamu mengalami kesulitan saat mengerjakan sesuatu, anggaplah itu sebagai sebuah tantangan sekaligus kesempatan untuk upgrade skillmu. 

 5. Meremehkan waktu

“Ah, kalau bikin tugas gini sih paling 1 jam kelar, kerjain nanti dulu aja ga apa – apa”. Eh, taunya satu jam nggak kelar.

Ada suatu kondisi dimana kamu menganggap suatu pekerjaan akan selesai dengan cepat, tapi faktanya hal itu diluar prediksi. Hal ini sering disebut sebagai planning fallacy.

Waktu yang seharusnya sudah kamu prediksikan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu ternyata memakan waktu yang lebih lama dari perkiraan itu.

Solusi : Meskipun kamu tau kalau mengerjakan tugas itu bisa dilakukan dengan cepat, tapi jangan menundanya. Kalau bisa dikerjakan sekarang maka kerjakanlah sekarang. Semangat !!

Jadi gimana ?

Jadi sebenarnya prokrastinasi itu bisa dihindari yaa. Kamu hanya perlu membuat dirimu sedikit lebih rajin saja.

Yuk, mulai dari sekarang jangan lagi menunda pekerjaan.

Lah, mimin masih sering nunda kerjaan ga ? Ya masih, tapi mimin juga lagi belajar supaya nggak nunda kerjaan 😀

Referensi

9 Reasons you Procrastinate – Psychology today

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *